5 Hal ini Bisa Memperpanjang Umur Hard disk Anda!

Deskripsi: Anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk menjaga performa dan memperpanjang umur hard disk Anda. Simak selengkapnya!

Jika Anda menggunakan Laptop, PC, ataupun hard disk eksternal, pasti Anda tahu betul jika ada masanya perangkat ini rusak. Beberapa kerusakan yang biasanya dialami oleh perangkat ini adalah corrupt, terkena virus, atau bad sector.

Umur hard disk drive umumnya baik di 3-5 tahun pemakaian aktif. Tapi, jika harus melakukan penggantian dalam jarak tersebut, akan menjadi tugas berat bukan? Anda harus melakukan backup dan restore data yang membutuhkan waktu cukup lama.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk merawat hard disk eksternal dan internal agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama? Berikut penjelasannya!

  1. Melakukan pembersihan secara berkala

Baik hard disk internal maupun external, seringkali menerima data keluar dan masuk dari berbagai perangkat. Hal ini memicu resiko virus masuk ke dalam hard disk dan menyebabkan performa lambat. Anda bisa melakukan pembersihan hard disk dari file – file mencurigakan secara berkala untuk menghindari hal tersebut.

  1. Jika dengan laptop atau PC, matikan dengan benar

Untuk mempersingkat waktu, Anda mungkin sering hanya sleep atau menutup langsung laptop Anda. Ternyata hal ini juga akan membebani hard disk jika terlalu sering dilakukan. Karena aktivitas laptop atau PC akan terus bekerja jika dalam mode tidur, mereka hanya berhenti untuk sementara.

  1. Memasangkan pelindung untuk hard disk eksternal

Bukan hal yang tidak mungkin untuk menjatuhkan hard disk ketika sedang digunakan atau dipegang. Menjatuhkannya bisa saja menciptakan kerusakan luar dan dalam. Maka dari itu, cobalah untuk memasang pelindung atau case untuk mencegah benturan keras yang mungkin saja terjadi.

  1. Menggunakan perangkat pendukung Laptop atau PC

Perangkat pendukung yang dimaksud seperti CPU Stabilizer dan meja kecil. Hampir sama seperti faktor yang diciptakan laptop atau PC yang tidak mati dengan benar. Jika tegangan listrik yang diterima perangkat tidak stabil, ini akan mengganggu kinerja hard disk.

Memposisikan diri di kasur atau karpet saat menggunakan laptop akan lebih nyaman. Usahakan untuk tetap memberikan alas sebelum laptop terkena kain, seperti meja kecil/buku agar laptop tidak mengalami overheat.

  1. Hindari install ulang terlalu sering dan pasang antivirus

Terlalu sering melakukan install ulang pada laptop/PC dapat menyebabkan harddisk crash atau bad sector. Ini akan menjadi masalah besar karena hard disk yang mengalami bad sector akan sulit. Anda bisa mencoba cara atau alternatif lain dalam perbaikan.

Untuk pencegahan, Anda bisa melakukan backup berkala agar data yang Anda miliki tetap aman sewaktu – waktu jika Anda mengalami kerusakan hard disk.

Dari 5 hal di atas, mana yang sudah Anda lakukan? Pastikan untuk menjaga dan merawat kesehatan hard disk Anda. Semoga bermanfaat!